Melatih kekuatan jari untuk bermain gitar tanpa gitar

Tidak terasa sudah sejak pertama sekali saya memiliki gitar saya ini. Dan dalam seminggu, tiada hari tanpa berduaan bersamanya. Gitar ini sudah menambah banyak pengalaman saya di dalam bermusik. Selama saya belajar bermain gitar saya tidak pernah belajar secara formal. Metode belajar saya hanyalah melihat orang bermain baik dari video di web ataupun secara langsung dan sesekali “curi-curi ilmu”. Hehehe…

My Love C-315

Dalam tulisan kali ini saya ingin berbagi pengalaman tentang bagaimana memperkuat jari tangan kiri saat membuat chord gitar ataupun membuat melodi (bermain scale). Dalam tahun-tahun saya belajar gitar sejak SMA saya selalu menggunakan latihan ini. Cara latihan tersebut adalah dengan menggunakan karet gelang. Kedengaran aneh? Ya, kata orang-orang memang saya orang yang cukup aneh juga. Hehehe… Namun, latihan ini sangat efektif. Bahkan di saat kita sedang tidak bersama dengan gitar kesayangan kita tetap bisa berlatih. ^^

Berikut cara melatih kekuatan jari tangan:

1. Sediakan beberapa buah karet gelang.

2. Ikatkan karet gelang pada jari-jari tangan dengan cara seperti ini.

3. Gerak-gerakkan jari mulai dari kelingking ke arah kita atau sebaliknya telunjuk terlebih dahulu ke arah kita.

4. Lakukan maksimal 2 menit saja. Setelah itu istirahat selama 3 menit. (Karena jaringan di jari bisa rusak akibat nekrosis jika dipakai dalam waktu yang lama).

5. Jika dengan satu karet gelang sudah merasa mantap, tambahkan menjadi dua, tiga, empat, karet gelang sesuai dengan kemampuan jari tangan. Tetap ingat maksimal 2 menit. (Pengalaman, lebih dari 2 menit akan terasa sakit).

6. Jika ingin menambah variasi (saat ada gitar) lakukan latihan penjarian pada gitar dengan jari ditambah karet gelang.

7. Variasi lain bisa dengan memainkan lagu dengan karet gelang juga pada tangan kiri seperti ini.

8. Saat mempraktikkannya di gitar pasti akan terasa berat. Tapi dalam waktu yang lebih singkat (dari biasanya tanpa ada beban) jari bisa bertambah lebih kuat dan dapat menjangkau fret yang lebih jauh pada posisi chord yang diikuti melodi yang tinggi dan butuh jangkauan yang jauh dari jari kelingking misalnya.

9. Cara ini mungkin kedengaran aneh, tapi percaya jari bisa lebih cepat beradaptasi nantinya dengan ‘tense-tense’ pada chord tertentu.

10. Selamat mencoba dan ingat maksimal hanya 2 menit. Gunakan metronome untuk lebih teratur pada saat melakukan latihan penjarian. ^^

21 pemikiran pada “Melatih kekuatan jari untuk bermain gitar tanpa gitar

  1. gan….
    sangat mendidik share xa.

    gan bleh tau gak apa guna xa metronome gitar….?
    sorry ane masih buta mslah musik…..

  2. maaf kawan2 sekalian…saya baru buka kembali blognya..
    bersyukur kalo tips tersebut membantu sobat2 sekalian. saya menemukan hal tersebut tidak sengaja 7 tahun yang lalu, dan saya masih terapkan sampai sekarang…
    awalnya memang sangat sakit dan tidak nyaman. tapi kalau sudah terbiasa, jari kita akan makin kuat. ibaratnya No Pain No Gain, ya ga gan? hehehe…
    cara pakainya: karet gelangnya dipelintir aja di masing-masing jari. tanpa ada gitar juga bisa latihan meregang2kan jari. kalo ada gitar, latih dengan fingering (search di YouTube dengan keywords: Spiderwalk in guitar, atau fingering guitar). semoga membantu..

  3. Tips ini sangat membantu mempercepat penjarian saya nanti meski saya belum mencoba nya haha thanks before by. M Rizky pratama putra, di barru sulsel

Tinggalkan Balasan

