Melatih tangan kanan dan tangan kiri pada gitar

Banyak di antara kita yang mungkin mengeluhkan sulit untuk mensinkronisasikan antara jari tangan kanan dan kiri saat bermain gitar (khususnya gitar klasik). Kesalahan yang sering muncul adalah jari tangan kanan ngebut dibandingkan tangan kiri (tangan kiri selalu terlambat) ataupun sebaliknya ketika tangan kiri sudah siap dengan notnya, tangan kanan masih meraba-raba.

Bagi para pemain gitar yang masih baru-baru belajar, sangat dianjurkan untuk melakukan latihan ‘fingering’. Latihan ini merupakan latihan untuk mendapatkan jari tangan kiri yang kuat dan rileks ketika memainkan gitar. Mungkin latihan ini terdengar sangat membosankan karena terlalu sederhananya kali ya. Tapi percayalah latihan ini sangat berguna ke depannya. Dari teknik ini kecepatan dan ketepatan bermain juga dapat diperoleh.

Tanpa berpanjang lebar lagi, bagaimana cara melakukan latihannya adalah sebagai berikut.

1. Persiapan (sebuah gitar, metronome (kalau tidak punya dapat di-download di sini).

2. Posisi memegang gitar sangat krusial. Banyak orang yang asal saja memposisikan gitarnya. Berikut ini posisi yang baik dalam memegang gitar ketika bermain.

Posisi yang baik

Note: a. Perhatikan kaki kirinya, pada gambar di atas gitaris tersebut menggunakan pijakan untuk sedikit mengangkat kakinya. Hal ini dilakukan agar neck gitar (yang mempunyai fret-fret) berada pada posisi yang nyaman bagi gitaris untuk dijangkau, khususnya pada fret yang tinggi).

b. Kemudian perhatikan lekukan gitar bagian bawah. Lekukan ini diletakkan di atas pangkuan kaki kiri, dan kaki kanan memfiksasikan gitar pada bagian punggung gitar. Pada posisi ini, ketika tangan kiri di lepaskan gitar berada dalam posisi diam. Perhatikan juga tinggi head gitar jika kita melihat ke arah kiri harus sejajar dengan mata.

c. Perhatikan lengan kanan gitaris di atas. Lengan atasnya diletakkan di atas gitar sejajar dengan bridge gitarnya dan tangan kanannya membentuk sudut kira-kira 90 derajat. Pada posisi ini jari-jari tangan kanan tepat berada di senar dan rileks.

d. Perhatikan lengan kiri gitaris di atas. Lengan kirinya lurus ke bawah dan tangan kirinya diangkat menekan fret gitar dengan rileks. Cara melakukannya adalah ketika a, b, c sudah oke, maka lengan kiri kamu jatuhkan ke bawah (rileks saja) kemudian angkat perlahan tegak lurus memegang neck gitar. (tangan kiri harus membentuk celah jika dilihat dari samping, dan jempol tidak boleh terlihat jika dilihat dari depan)

Jempol tangan kiri tidak boleh terlihat (jika dilihat dari depan)
Perhatikan bentuk tangan kiri ini (sudut pergelangan tangan dan ada celah antara telapak tangan dan neck gitar)

Jika posisi ini sudah kamu dapatkan maka kita siap untuk melatih tangan kanan dan kiri.

3. Siapkan metronome, dan set pada tempo yang kamu anggap mudah (pada kali ini kita ambil 60 beat per minute).

4. Ikuti suara metronome tadi dan mainkan not-not berikut. (ingat, jangan terlalu ingin mendapat kecepatan dalam bermain. Bermain lambat dan tepat terlebih dahulu sangat baik daripada cepat dan bersalahan not yang dimainkan). Jari tangan kanan yang dipakai 2 jari untuk saat ini (telunjuk (i) dan jari tengah (m)). Bunyikan not bergantian dengan kedua jari tangan kanan tersebut. (jika sudah mahir bisa berpasangan antara telunjuk dan manis, tengah dan manis).

Mainkan not-not berikut sampai dengan fret ke-12

5. Cara memainkan not-not di atas adalah tempatkan jari-jari tangan kiri sesuai dengan fret pada tab di atas. Dan ingat ketika akan memainkan not naik (dari senar 6 menuju senar 1) jangan lepaskan jari yang sudah menekan fret sebelumnya. Ketika akan memainkan not turun (dari senar 1 menuju senar 6) lepaskan jari sebelumnya dan bebas dari senar agar mendapat suara yang jernih.

6. Mainkan dengan lambat saja terlebih dahulu. Tingkatkan tempo jika kamu sudah merasa nyaman dan not yang dipetik sudah jernih terdengar. Naikkan perlahan-lahan.

7. Latih gerakan ini 30 menit perhari dan catat dalam satu hari tersebut berapa tempo maksimum yang sudah kamu bisa mainkan.

8. Jangan mudah menyerah. Saya akui latihan ini sangat membosankan, tapi percayalah setelah kamu berhasil melewati tahap ini, kamu akan mendapatkan jari yang lebih kuat namun rileks dan tepat dalam menekan senar di fret. Dan ketika memainkan lagu-lagu, jari-jari kamu lebih nyaman untuk berpindah dan ditambah kamu bisa menjaga tempo melalui latihan ini.

9. Selamat mencoba latihan di atas. ^^

7 pemikiran pada “Melatih tangan kanan dan tangan kiri pada gitar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s