Mereset Permanen Printer Canon Pixma iP1880

Saya memiliki printer Canon Pixma iP1880 yang biasa digunakan untuk mencetak tugas-tugas dari kampus. Dan selama waktu itu saya menggunakan cara reset manual yaitu dengan cara meng-unplug printer dari stop kontak dan kemudian di-plug lagi sambil menahan tombol power dilanjutkan dengan tombol resume (di bawah tombol power) dan dilepas. Dengan menggunakan metode ini alhasil saya bisa melanjutkan pekerjaan dengan baik. Namun, ada sesuatu yang lain yang saya perhatikan, yaitu ketika harus mematikan dengan menekan tombol power, saya malah mendapatkan hadiah warna kedap-kedip dan printernya tidak mau off. Bingung dengan hal seperti ini yang nantinya malah menjadikan printer saya rusak, saya mencari sofware untuk mereset secara permanen printer ini. Dan begini cara yang digunakan:

1. Gunakan cara manual tersebut di atas terlebih dahulu untuk menghidupkan printer.

2. Download program yang akan kita gunakan untuk mereset printer di sini.

3. Pastikan bahwa memang printer berada dalam posisi ready dan software printer sudah terinstall dengan lengkap. (Jika belum liat di socket USB yang lain di menu gambar di bawah yang bertuliskan ready, kemudian klik kanan dan klik Set as Default Printer).

4. Buka program yang tadi di-download dan klik GeneralTool.

5. Setelah masuk ke dalam Programnya, centang pada Cleaning dan EEPROM Cleaner –> Klik Main setelah itu Platen (ingat satu kali saja cukup) –> klik Lock Release –> pilih tipe Printer (milik saya iP1880) –> terakhir tes printer dengan klik Test Pattern 1 (jangan lupa masukkan kertas). Atau ikuti gambar di bawah ini.

6. Selamat printer sudah sehat seperti semula, tidak perlu di reset manual lagi dan untuk on dan off-nya pun sudah normal kembali. Selamat mencoba ^^

nb: juga dapat digunakan untuk printer Canon Pixma iP2500 dan iP1100.

About these ads

16 pemikiran pada “Mereset Permanen Printer Canon Pixma iP1880

  1. Saya menerapkan cara2 tersebut, pada printer IP1880 berhasil tapi tiap kali dinyalakan kembali (mo dipake), printer kembali ga mau kerja lampu kedip hijau kuning lgi. Udah pake ip tool 9.2 juga gitu, tiap udah mati n dinyalakan kembali harus reset lagi. Gemana caranya agar permanen?
    Printerku yang satu lagi (IP1980) gagal direset pake cara di atas, gemana caranya?

  2. Terimakasih atas tutorialnya.

    Mo nanya nih…, hal diatas bisa diterapkan ngak buat “ip 1980″
    termasuk cara manual maupun software.

    1. hmmm…kalo 5600 mungkin error karena cartridgenya mas. apa cartridgenya masih dalam kondisi baik? pernah dibongkar?
      kalo mau yang oke, cartridgenya coba diganti dengan yang baru. atau kalo ada teman yang punya tipe yang sama dicoba dulu pinjam cartridgenya. kalau masalahnya teratasi berarti benar karena cartridgenya masalahnya. selamat mencoba mas…

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s